Cara Pengecekan AC Kendaraan Sendiri


Trik dan jalan mengecek di dalam sistem ac mobil, Servis Ac mobil sendiri, bisakah servis ac mobil sendiri, mungkin itu adalah pertanyaan yang konvensional jika aku serba ingin tahu beserta apa yang kita punya seperti penetapan ac mobil kita satu diantara contohnya.

Untuk yang tidak rela repot karena sibuk beserta kegiatan, acara lain yang jauh lebih penting, tentu saja tips pelayanan ac mobil sendiri berikut tidak berguna karena kian baik mempercayakan kepada studio services ac.

Di dalam koordinasi ac mobil merupakan serikat beberapa parts, peralatan atau komponen yang bekerja dengan demikian kita dapat mengatur suhu kabin dan menghasilkan udara dingin saat kabin mobil.

Tips Pengamatan atau Service Ac Mobil

Berikut merupakan tips investigasi, pengecekan atau servis ac mobil dengan menyeluruh terhadap semua bagian ac mobil.
1. Jalan Periksa Pemastian Kerja Kompressor AC Mobil
Kompressor ac mobil dibagi menjadi dua komponen superior yaitu kompressor dan magnetic clutch. Kontrol kondisi Kompresor ac
Untuk kompressor ac beberapa point yang mesti di lakukan interogasi adalah periksa kondisi fisik, apakah terdapat oli yang menempel pada sekat kompressor, pada waktu ya bermanfaat terjadi kebocoran pada kompressor, tetapi juga perlu untuk mencari terbuka dari mana datangnya oli apakah atas kompresor ataukah dari perabot.

Bagian potongan dari kompressor ac yang biasa menjadi penyebab bocor freon yang bercampur secara oli antaralain pada packing antara garis depan cover & back cover, sambungan corong ac dalam kompressor cantik pipa low maupun buluh-buluh high, reliev valve atau seal shaft compressor.

Berbeda dengan pemeriksaan tingkah laku kompressor ac dalam menyedot refrigerant sanggup dilihat secara menggunakan manometer gauge ac mobil.

2. Cara Selidik Magnetic Clutch atau Kopling Magnet
Kopling magnet di kompresor ac mobil beroperasi untuk mengubungkan putaran jentera melalui puli kompressor. Pada gambar kompresor ac mobil di atas terdapat puli, armature assembly atau center piece dan terdapat gulungan spull dalam puli, dengan bersama pada sebut serupa magnetic clutch assy atau kopling magnet ac mobil. Lihat pun test tingkah laku magnetic clutch..

Pemeriksaan untuk kopling magnet ini sanggup dilihat berdasar pada fisik antaralain armature assembly atau center piece tertarik oleh magnet ketika ac hidup, lihat gerakan ketika terhubung apakah langsung terhubung atau selip terlebih lepas. Perhatikan agaknya bunyi ketika terhubung apakah terdengar muluk atau lesu.

Kalau saat terhubung terkuak bunyi muluk besi sama besi berati telah tercipta keausan tempat armatur assembly dengan permukaan puli, / terdapat jarak atau kesempatan yang terlalu jauh (lihat gambar kompresor diatas). Dan akibat atas jarak yang terlalu suntuk akan membawa akibat kadang kala terhubung serta kadang bukan terhubung paling utama jika temperatur kompresor sudah panas, sebab kemampuan magnet untuk menarik center piece berkurang tatkala panas.

& hal ini kita bakal merasakan ac kadang mati dan ac kadang tampak sebagai akibat celah jurang center piece dan permukaan puli yang terlalu rumpang. Jarak jurang puli serta center piece yang elok berada diantara 0, 25mm sampai 0, 5mm.

Jarak atau rumpang center piece dengan parasan puli kompresor diatur sebab ketebalan ring plat yang digunakan rumpang center piece dengan shaft atau amerika kompressor. Berubahnya jarak ini biasanya karena memang sudah biasa waktunya penggantian spare part ac tersebut.

Hal lebih dari disebabkan sebab pada ketika ac mobil dihidupkan segi center piece yang hampa secara seketika terhubung secara permukaan puly yang bersirkulasi terus-menerus. Dan ini terjadi setiap ac mobil on dan off, tentu saja ada masa pakainya.

Jarak antara puli serta center piece yang terlalu jauh dengan tanda bunyi keras ketika center piece terhubung dalam beberapa segel kompressor ac juga mengakibatkan armature assembly bisa putus pada plat pegas, disamping itu kalau jarak terlalu jauh nampaknya kemagnetan mulai magnetic clutch tidak dapat menarik center piece saat kondisi genting.

3. Pengamatan Kondensor AC
Secara fisik pemeriksaan kondensor ac bisa di lakukan dengan melihat sirip-sirip di dalam kondensor apakah ada terdapat basah oli ac yang menandakan terjumpa kebocoran dalam kondensor dan periksa apakah ada tampil sirip tertekuk atau kotoran yang meredakan pendinginan kondensor.

4. Selidik Pipa-Pipa AC dan Slang Flexible
Kontrol pipa ac baik pembuluh flexible atau pipa aluminium dari nampaknya bocor atau pun nampaknya bergesekan secara bagian mobil yang lain, yang bisa jadi penyebab terjadinya kebocoran.

Selidik atau menilik sambungan-sambungan daripada kemungkinan tersiar yang ditandai dengan tampil basah oleh oli ac pada seri pipa ac tersebut.

Periksa juga Service Valve mulai kebocoran yang mungkin terjadi, hal yang serupa juga dapat di amati jika terjadi bocor dalam service valve akan terlihat basah secara bekas oli di lebih kurang servis valve (pentil di dalam pipa ac untuk mengisi dan mencoret freon) ini.

5. Pengamatan Receiver Drier
Receiver drier ini beroperasi untuk menyaring kotoran supaya tidak lolos ke klep expansi, untuk ac mobil dengan tipe receiver drier yang terputus dari kondensor dilengkapi dengan sight glass dan pressure switch.

Untuk pemeriksaan receiver drier macam terpisah beserta kondensor yang kebanyakan bertipe T atau tipe L, periksa juga dari probabilitas bekas oli ac pada sekitar terusan IN & OUT karena pada bagian itu sering pula terjadi kebocoran freon / oli ac karena sil yang meningkat atau pun sambungan saluran ac yang terhubung luka keras.

Demi dilihat pula kondisi freon melalui sight glass yang terdapat dalam atas receiver drier apakah sight glass terlihat terang atau hitam, jika tampak kehitaman pertimbangkan untuk penggantian receiver drier dan periksa ac mobil secara kesemestaan ke bengkel servis ac mobil.

Untuk kabel pressure switch kontrol kondisi soket serta tali yang terhubung apakah tampil dalam keadaan terhubung dengan baik ataupun tidak.

6. Pemeriksaan di dalam Expansi Valve
Untuk ekpansi Valve / katup expansi pada ac mobil terjumpa beberapa species, jenis expansi valve yang bisa kalian periksa kondisinya dari luar adalah lidah expansi yang bebentuk persegi.

Walaupun expansi berbentuk persegi ini pula biar ada juga yang dalam tempatkan dalam rumah evaporator, tergantung desain evaporator. Contoh pada mayoritas mobil mulai Toyota ekspansi Valve itu bisa ditinjau dari luar, beserta mudah untuk bongkar mematok tanpa mengawali Evaporator.

Serta untuk pengecekan secara gampang adalah secara melihat penetapan secara fisik apakah terjumpa bekas oli ac yang berada di sekitar katup expansi tersebut yang menunjukkan telah tercipta bocor saat seal terusan pipa ac.

Sedangkan tipe katup expansi yang terletak di dalam griya evaporator, kita tidak sanggup melihat ondisi secara rangka, tetapi dapat di langut kerja nya dari tolakan yang pada ukur, untuk yang tersebut mungkin segenap orang gak bisa tahu kondisinya hanya teknisi.

7. Pemeriksaan Evaporator
Pemeriksaan atau pengecekan beserta cara ringan kondisi Evaporator bisa dilakukan dengan mendapat hembusan angin melalui grill ac.

Kalau terasa gas kurang liat dan imbalan yang dikarenakan nya ialah ac tenang dingin atau terkadang bayu tidak menongol untuk sejumlah tipe ac mobil, tidak ada salahnya mengerjakan pembersihan evaporator karena kotor.

8. Pengamatan Blower
Ratifikasi blower secara mudah pula bisa dijalani dengan menghisabkan putaran blower apakah terkuak kasar ataukah terdapat suara-suara lain mulai blower. Semisal adalah ada dedaunan kering yang masuk ke blower ataupun ijtihad blower yang disebabkan sebab bushing perabot blower yang sudah lapuk. website kami Sehingga tatkala ac kehidupan terdengar huyung yang mersik dari perencana blower ini.

9. Pengamatan Fan Kondensor
Fan kondensor atau pun yang jadi satu secara fan radiator perlu kalian periksa pula kecepatan hembusan angin, panduan hembusan udara serta pemastian soket rantai pada fan condensor tersebut. Untuk hal ini bila fan condensor mati di dalam beberapa type mobil sebagai penyebab naiknya temperatur perabot ketika ac dihidupkan.

10. Pemeriksaan Drive Belt
Drive belt di ac mobil menghubungkan jurang puli kompressor ac beserta puli cranksaft mesin. Ratifikasi bisa dijalani dengan tahu kondisi apakah terlihat retak-retak atau tetap baik, jika terlihat cela, langkah baiknya adalah di ganti, menghindari putus di tengah sendi. Karena drive belt ac mobil itu pada beberapa merek serta tipe mobil menyatu dengan putaran water pump beserta Alternator. Bahwa putus di tengah sendi tidak selalu ac mobil yang tidak susut, tetapi pendinginan mesin serta pengisian emak dari Alternator juga gak bekerja.

11. Pemeriksaan Nominal Freon Pada AC Mobil
Pemeriksaan banyak freon / cara cek freon saat ac mobil bisa di lakukan dengan manual menjalani sight glass yang ditemui pada receiver drier, bila sistem ac menggunakan receiver drier yang menjadi wahid dengan kondensor, maka sight glass tersebut terletak saat saluran corong tekanan tinggi.

1. Hidupkan mesin mobil, jika terlihat gelembung warna putih saat idle kemudian meloncat menjadi berkilat saat pada gas pemastian freon cukup.

2. Apabila terlihat bergelembung warna putih baik saat jentera idle atau saat mesin di udara artinya freon kurang, freon kurang itu terdapat 2 kemungkinan yakni memang freon kurang / freon tidak bisa masuk lebih banyak karena di dalam komposisi terlalu tidak sedikit oli.

3. Pada sight glass tampil bening baik saat idle atau ketika mesin dalam gas artinya didalam koordinasi terlampau penuh freon.

Untuk mendapatkan dampak pemeriksaan tekanan freon yang benar dan akurat mesti menggunakan manometer gauge sebagai alat servis ac mobil atau jentera AC R3 untuk kontrol jumlah freon yang tersembunyi pada bentuk ac.

Advertisements